Selasa, 16 Desember 2014

Menganilisis Peluang Usaha

Menganalisis Peluang Usaha

 Mencari Peluang Usaha
Peluang usaha adalah suatu ide investasi atau usulan bisnis yang menarik serta memberi kemungkinan untuk memberikan hasil bagi seseorang yang berani mengambil resiko.
Untuk menjadi peluang usaha yang bagus maka harus memenuhi kriteria diantaranya adanya :
1.    permintaan nyata terhadap barang atau jasa
2.    tingkat pengembalian nilai
3.    kompetitif
4.    pencapaian tujuan
5.    ketersediaan sumber daya dan kompetensi
Peluang di bidang jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat, diantaranya :
a)    Jasa Service, merawat dan memperbaiki bila terjadi kerusakan pada alat-alat yang sering kita pergunakan. Seperti Servis TV, Radio, Mobil, Motor, dan lainnya.
b)    Jasa Hiburan, memberikan hiburan untuk mengurangi stress, seperti : bioskop, diskotik, café, restoran dan sebagainya.
c)    Jasa Transportasi, menyediakan angkutan bagi masyarakat. Seperti : rental mobil, dll.
d)    Jasa Perantara, membantu masyarakat yang akan menjual dan membeli barang.
e)    Jasa Kesehatan, seperti : sarana kebugaran, fitness, rumah sakit, pengobatan alternative.
f)    Jasa yang lain, seperti, catering, editor, terjemahan, dan lain-lain.

          Sedangkan dalam pemilihan produk, berupa barang yang dapat menciptakan peluang usaha adalah dengan mempertimbangkan produk-produk yang :
          1) Mudah dalam pemakaian
          2) Efisien dalam penggunaan
          3) Kualitas produk terjamin
          4) Hemat dalam pemakaian
          5) Adanya jaminan kemanan dalam pemakaian.

b)   Pemetaan Peluang Dan Pemanfaatan Peluang Usaha
Ada kriteria atau faktor yang mencerminkan untuk mengidentifikasi dan menilai  peluang usaha serta memanfaaatkannyayaitu  faktor  :
v  Kondisi industri dan pasar
v  Lamanya masa “peluang produk”
v  Tujuan pribadi dan kompetensi yang dimiliki wirausaha
v  Tim manajemen
v  Modal, teknologi, dan sumber daya lain yang dibutuhkan
v  Kondisi lingkungan
v  Studi kelayakan dan rencana usaha
Kadang-kadang seseorang yang ingin membuka usaha baru didorong oleh rasa optimis berlebihan, jadi kita harus dapat mengevaluasi usaha tersebut, menurut Bygrave ada 3 komponen yang harus diteliti untuk membuka usaha baru :


c)Menganalisis Peluang Usaha Dengan Analisis SWOT

Untuk dapat menganalisis peluang usaha  bisa dengan menggunakan analisis SWOT yaitu  :
a.    Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran
b.    Weakness adalah  Kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
c.    Opportunity adalah Peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan
d.    Threat adalah Ancaman apa saja yang terjadi saat kita berusaha
MENGANALISIS PELUANG USAHA

LANGKAH – LANGKAH :
MENELITI BERAPA LUAS USAHA YANG AKAN DIPILIH
BENTUK USAHA APA YANG AKAN DIPILIH
JENIS USAHA APA YANG AKAN DITEKUNINYA
INFORMASI USAHA YANG AKAN DITERIMA
ADA ATAU TIDAK ADANYA PETA PELUANG USAHA YANG MENGUNTUNGKAN

PERSIAPAN DAN LANGKAH - LANGKAH
Membuat Sketsa bidang usaha yang hendak ditekuninya
Penyediaan modal
Mengurus izin usaha
Menyiapkan tenaga kerja
Menyiapkan sarana dan prasarana
Menyiapkan bahan baku
Menetapkan lokasi usaha
Menetapkan metodologi usaha
Menetapkan teknologi usaha
Menetapkan manajemen usaha
Mencari mitra usaha

ADANYA ANALISIS SWOT
ADANYA KEKUATAN ( STRENGTH ) YANG DAPAT MENDUKUNG KEGIATAN USAHA
APAKAH KELEMAHAN ( WEAKNESS ) YANG MEMBATASI ATAU MENGHAMBAT KEMAMPUAN DALAM MENCAPAI SASARAN USAHA
DIMANA USAHA ITU ADA PELUANG ( OPPORTUNITY )
APA SAJA YANG DAPAT MENGANCAM PERUSAHAAN ( THREAT )

FAKTOR LAIN ADANYA PELUANG USAHA YAITU ADANYA :
RELASI USAHA DENGAN ORANG LAIN
TIM YANG DAPAT DIAJAK KERJASAMA
DORONGAN DARI ORANG TUA, FAMILI, TEMAN
PENGALAMAN SEBELUMNYA
KESIAPAN MENTAL
MANAJER PELAKSANA
KOMITMEN TINGGI
MISI DAN VISI

MENGANALISIS PELUANG USAHA BERDASARKAN PRODUK DAN JASA :
MENGANALISIS BIDANG PRODUK
PRODUK PRIMER, MENGACU PADA PENGGALIAN SDA
PRODUK SEKUNDER, MENGACU PADA PENGOLAHAN ATAU PEMROSESAN BAHAN BAKU MENJADI BAHAN JADI
PRODUK TERSIER, MENGACU PADA PERALATAN DAN PELAYANAN JASA

BERDASARKAN SIFAT DAN JENIS PRODUKNYA PERLU DIPERHATIKAN :
APAKAH JENIS PRODUK YANG DIPRODUKSI ITU TAHAN LAMA ?
APAKAH MUTU JENIS PRODUK YANG DIPRODUKSI ITU TERGANTUNG DARI BIAYA PERSATUAN
APAKAH JENIS PRODUK YANG DIPRODUKSI ITU MEMPUNYAI SIFAT PERMINTAAN MUSIMAN ATAU TIDAK ?
APAKAH JENIS PRODUK YANG AKAN DIPRODUKSI CONSUMER GOODS ATAU PRODUCER GOODS ?

PERTANYAAN YANG HARUS DIJAWAB WIRAUSAHAWAN :
SIAPA SAJA DAN BERAPA JUMLAH CALON KONSUMEN YANG AKAN MEMBELI PRODUK/JASA ?
SIAPA SAJA, BERAPA, DIMANA PARA PESAING BERADA ?
BAGAIMANA PERKEMBANGAN DAN PERGESERAN SELERA MINAT DAN DAYA BELI KONSUMEN ?
BAGAIMANA PERKEMBANGAN PEMBUATAN PRODUK ?
BAGAIMANA PEMBUNGKUSAN PRODUK ?
BAGAIMANA MODEL, MANFAAT PRODUK ITU DISENANGI ?
BAGAIMANA PERKEMBANGAN DAN KELANCARAN SUPLAI BAHAN BAKU ?
BAGAIMANA CARA KERJASAMA WIRAUSAHA DENGAN PENYALURNYA ?

HAL YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN :
MANFAAT UNTUK KONSUMEN
PERMINTAAN, MINAT, DAN DAYA BELI KONSUMEN
DISAIN, MODEL
KEKUATAN PERSAINGAN
KUALITAS PRODUK DAN JASA
POTENSI USAHA DAN PELUANG USAHA

PEMILIHAN PRODUK TERGANTUNG:
KEBERUNTUNGA DI DALAM MENGELOLA USAHA
KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN DI DALAM M ENGELOLA USAHA
PENAFSIRAN TERHADAP INFORMASI PELUANG USAHA
PEMASARAN PRODUK
SELERA DAN MINAT KONSUMEN TERHADAP PRODUK
PELAYANAN WIRAUSAHAWAN TERHADAP KONSUMEN

B. MENGANALISIS BIDANG JASA
AGAR USAHA JASA MENARIK KONSUMEN :
MEMASANG PAPAN MERK ATAU LOGO YANG MENCOLOK, MENARIK, DAN DAPAT DI BACA
MEMASANG LAMPU YANG TERANG DAN BERWARNA – WARNI
MENYEBARKAN FAMLET UNTUK MEMBERI INFORMASI
MENGADAKAN DEMONSTRASI CARA PEMBUATAN BARANG ATAU PERBAIKAN
MEMBERI POTONGAN HARGA KHUSUS ATAU HADIAH YANG MENARIK BAGAI PARA PELANGGAN SETIA

PERTIMBANGAN DALAM BIDANG JASA:
PENGETAHUAN TENTANG SELERA DAN MINAT CALON KONSUMEN DAN JUMLAH PESAINGNYA
MENGETAHUI BIDANG JASA APA YANG LAKU ATAU DIGANDRUNGI KONSUMEN
MENJAGA HUBUNGAN YANG SERASI DAN HARMONIS DENGAN PENSUPLAI

MENGANALISIS PELUANG BERDASARKAN MINAT DAN DAYA BELI KONSUMEN:
MEMBUAT PRODUK YANG BERKUALITAS, DIMINATI, BERMANFAAT, DAN LAKU TERJUAL SESUAI DAYA BELI KONSUMEN
MEMBUAT ATAU MENDESAIN PRODUK/ JASA DENGAN BAHAN BAKU ATAU KOMBINASI YANG DIMINATI SESUAI DENGAN DAYA BELINYA
MEMBUAT PRODUK/JASA LEBIH CEPAT, BERFAEDAH, MURAH SESUAI DENGAN DAYA BELINYA
MEMELIHARA DAN MEMPERBAIKI SARANA KERJA

PERTANYAAN YANG TERKAIT DENGAN MINAT DAN DAYA BELI KONSUMEN :
APAKAH PRODUK ATAU JASA YANG DIBUAT WIRAUSAHAWAN ITU TERDAPAT DALAM SUATU INDUSTRI YANG BERHASIL DAN BERKEMBANG PESAT ?
APAKAH MINAT DAN PERMINTAAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK ATAU JASA DI MASA DEPAN BERKEMBANG PESAT?
BAGAIMANA CARA WIRAUSAHAWAN MEMPROSES PRODUK ATAU JASAA AGAR SESUAI MINAT DAN DAYA BELI KONSUMEn?
BAGAIMANA KELEMAHAN – KELEMAHAN KHUSUS DARI PRODUK ATAU JASA YANG DIBUAT WIRAUSAHAWAN ITU ?
SAMPAI DIMANAKAH SUMBANGAN PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN PEMBUATAN PRODUK ATAU JASA BERDASARKAN MINAT DAN DAYA BELI KONSUMEN ?
BAGAIMANA USAHA WIRAUSAHAWAN DIDALAM MELUASKAN PEMASARAN DAN PENDISTRIBUSIAN PRODUK ATAU JASA BUATAN PESAING
DALAM HAL APA PRODUK ATAU JASA BISA SERUPA ATAU BERBEDA DARI PRODUK ATAU JASA BUATAN PESAING
BAGAIMANA CARA MENDESAIN MODEL PRODUK ATAU JASA YANG DIBUAT ?

BENTUK KEWIRAUSAHAAN
WIRAUSAHAWAN PARUH WAKTU
USAHA DI RUMAH
USAHA KELUARGA
WIRASUTRI

ATURAN – ATURAN AGAR USAHA DI RUMAH BERHASIL :
RENCANAKAN TATA RUANG
PILIH LOKASI YANG PALING EFISIEN
FOKUS PADA USAHA, JANGAN PALU GADA
BICARAKAN ATURAN USAHA DENGAN KELUARGA
PILIH NAMA YANG SESUAI
BELI PERALATAN YANG SESUAI
BERPAKAIANLAH YANG LAYAK
PILIH USAHA YANG SESUAI HOBBY



Tidak ada komentar:

Posting Komentar